top of page

Cara Cek Kondisi Mesin Mobil Masih Bagus

Mesin mobil merupakan anggota mobil yang paling pital. Keadaan mesin mobil sangat memilih gerak atau kinerja mobil itu sendiri. Jika kondisi mesin mobil kurang oftimal, maka kamu perlu berhati-hati dan langsung jalankan pengecekan. Biasanya pengendara mobil mampu merasakan sendiri kondisi mesin mobilnya saat sedang mengendarai mobil. Saat merasakan sesuatu yang tidak biasanya, disitulah mobil kamu sedang mengalami masalah. perawatan mesin mobil sesungguhnya sangat perlu dijalankan secara rutin. Daripada menanti mesin rusak mending jalankan kontrol secara berkala. Caranya yaitu tetap mengecek bagian-bagian mesin mobilkamu dan tidak membiarkan masalah yang nampak sepele, karena kalau yang sepele dibiarkan lama-lama jadi masalah besar juga. Berikut ini lebih dari satu tanda-tanda yang mampu kamu teliti terhadap mesin mobil kamu :

  • Mesin Mobil Masih Memiliki Suara Halus

Ciri ciri mesin mobil masih bagus yang pertama ialah mesin masih bersuara halus. Saat mesin mobil dihidupkan suara mesin mobil halus dan konstan. Tidak terdengar suara asing yang nampak dari mesin mobil, layaknya suara logam yang saling berbenturan atau suara lainnya. Bila kamu berada di daerah ramai, umumnya suara mesin mobil kesulitan untuk diteliti. Sebaiknya bawa mobil kamu ke daerah yang sepi sesudah itu hidupkan mesin mobil kamu selama 5 menit lalu buka dan tutup kap mesin, jalankan berkali-kali hingga sangat suara mesin mobil terdengar halus dan tidak tersendat-sendat.

  • Tidak Terjadi Kebocoran Bahan Bakar atau Oli

Ciri ciri mesin mobil masih bagus yang kedua ialah tidak ada kebocoran terhadap bahan bakar dan oli. Bahan bakar atau oli yang berceceran berarti terdapatnya suatu kebocoran yang berjalan terhadap anggota selang atau penyimpanan bahan bakar/oli. Mesin mobil yang masih bagus ditandakan bersama tidak terdapatnya kebocoran terhadap komponen mesin mobil layaknya halnya bahan bakar, oli atau cairan lainnya. Selain itu, mesin mobil yang masih bagus ditandain bersama baut atau mur yang masih terpasang bersama baik terhadap mesin dan tidak dol.

  • Oper Gigi Berlangsung Cepat

Ciri ciri mesin mobil masih bagus setelah itu yaitu oper gigi masih lancar. Mesin mobil yang bagus umumnya pas mengoper gigi berjalan lancar, tidak terasakeras dan berjalan cepat. Supaya tuas gigi tetap bagus kinerjanya, biasakan mengoper gigi secara baik termasuk benar dan jangan asal-asalan.Jika pindahan gigi agak sulit, maka berarti terdapatnya masalah yang berjalan terhadap mesin mobil.

  • Lampu Indikator Tidak Ada yang Menyala

Fungsi dari lampu indikator adalah untuk tahu terdapatnya rusaknya yang berjalan terhadap mesin mobil. Jika mesin mobil mengalami kerusakan, umumnya lampu bakal menyala. Lampu indikator letaknya di panel instrumen yang menyatu bersama speedometer termasuk techometer.Cek seluruh lampu indikator, mulai dari indikator mesin, rem, temperatur mesin, aki, bahan bakar, oli, dan lampu indikator lainnya.

  • Pada Ujung Kenalpot Terlihat Bersih

Ciri mesin masih bagus termasuk ditandain bersama kondisi ujung kenalpot yang bersih dan berwarna agak coklat kemerahan. Warna tersebut dihasilkan dari terdapatnya campuran bahan bakar dan udara yang berjalan stabil terhadap area pembakaran dan komposisi yang pas. Untuk mengeceknya, nyalakan mobil lebih dari satu menit sesudah itu lihat ujung kenalpot mobil kamu. Apabila ujung kenalpot nampak kotor, itu menandakanmesin mengalami masalah.

  • Warna Asap Kendaraan Normal

Ciri ciri mesin mobil masih bagus seterusnya adalah asap yang masih normal. Kondisi mesin mampu dicermati dari warna asap yang nampak dari kenalpot. Asap yang normal terhadap kenalpottidak berwarna hitam, tidak putih, tidak termasuk berwarna kebiruan. Karena kalau asap kenalpot berwarnahitam, putih atau kebiruan, berarti ada masalah yang berjalan terhadap komponen mesin.

  • Keadaan Temperatur Mesin Normal

Temperatur mesin yang normal antara 85 hingga 95 derajat celcius. Bila berjalan temperatur mesin tinggi atau overheating mesin bakal tiba-tiba mati, bermakna mesin mobil bermasalah. Untuk tahu temperatur mesin di dalam kondisi normal atau mesin berjalan overheating atau tidak, kamu mampu mengeceknya bersama cara lihat lampu indikator temperatur yang terdapat di panel speedometer.

  • Mesin Bertenaga Maksimal

Mesin mobil yang bertenaga maksimal mampu dirasakan pas melaju di dalam kecepatan tinggi. Semakin cepat kendaraan melaju, bermakna tenaga mesin jadi bagus. Sebaliknya bila mobil melaju pelan, berarti tenaga mesin udah melemah. Selain itu cek termasuk anggota kompresi mesin, pastikan tidak berjalan kebocoran karena bila berjalan kebocoran tenaga mesin bakal kecil atau lemah.

  • Tersambungnya Timing Belt

Timing belt bertugas untuk mengalirkan tenaga dari poros menuju nok. Pastikan timing belt masih tersambung, karena bila timing belt tidak tersambung bakal menyebabkan masalah terhadap mesin. Masalah yang timbul adalah terjadinya tabrakan antar klep dan termasuk piston.

  • AC Mobil Masih Dingin

Ciri lain untuk tahu mesin mobil di dalam kondisi baik atau tidak mampu dicermati dari kinerja AC. Bila AC masih dingin, berarti mesin mobil masih bekerja bersama baik. Namun kalau mesin bermasalah, kinerja AC bakal terputus supaya AC tidak bekerja bersama wajar.

bottom of page